Apa yang Akan Terjadi jika Kamu Masuk ke Black Hole? Ini Kata Astronom - Prediksi Bola Terpercaya | Prediksi Togel Terpercaya | Berita Bola Terhangat

News

Sabtu, 16 November 2019

Apa yang Akan Terjadi jika Kamu Masuk ke Black Hole? Ini Kata Astronom

Jika berbicara soal antartika pasti kalian pernah mendengar yang namanya Black Hole kan? Di antara semua benda yang ada di antariksa,black hole adalah salah satunya yang paling ditakuri sebab bisa membawa kehancuran dan memusnahkan segalanya dalam sekejap saja. Kesannya sangat merusak banget.

Lalu, jika kita terhisap masuk ke dalam black hole tersebut, apa yang akan terjadi kepada kita? apakah kita akan tetap hidup?,mati? atau mungkin lenyap begitu saja?. Jika ingin mengetahui jawabannya, simak artikel dibawah ini!.

1. Untuk memperjelas, mari mengenal apa itu black hole yang sebenarnya


NASA menyatakan bahwa, black hole adalah sebuah tempat dimana gravitasi menarik dengan sangat kuat sampai cahaya saja pun tidak bisa keluar.Gravitasi tersebut sangatlah kuat karena materinya di pampatkan hingga ruang yang superkecil.

Karena cahaya sama sekali pun tidak bisa selamat dari tarikan gravitasi tersebut, sudah tidak heran jika warnanya benar-benar sangat hitam. Dari sini kita sudah mengetahui asal penamaanya.

2. Teori-teori fisika terkini menyatakan bahwa black hole kecil terbentuk di detik awal terbentuknya alam semesta

Related image

Beberapa di antaranya pun memiliki ukuran sekecil atom, tapi memiliki massa seberat gunung yang ada di bumi. black hole stellar terbentuk ketika bintang-bintang besar hancur. Proses ini akan membuat lengkungan ruang dan waktu.

Sementara itu, supermassive black hole diperkirakan terbentuk ketika galaksi yang mereka diami terbentuk.

3.Black Hole teredekat dengan bumi bernama V616 Monocerotis atau biasa dikenal dengan nama V616 Mon

Related image

V616 Mon terletak sekitar 3 ribu tahun cahaya dari Bumi dan memiliki massa 9-13 kali lebih berat dari Matahari di tata surya kita. Para peneliti telah mengetahui lokasinya karena terletak di sistem biner dengan bintang yang massanya setengah dari matahari.

Hanya black hole lah yang bisa membuat mitra binernya terasa sangat bedengung dengan begitu cepat. Para astronom tidak dapat melihar lubang hitam tersebut. Mereka hanya mengetahui bahwa mereka ada disana akibat tarian gravitasi yang berputar.

4. Apakah bisa keluar dari black hole jika kita sudah terhisap?

Related image

Jawabannya cukup singkat, tidak bisa. Para ahli sepakat bahwa tidak mungkin kita bisa masuk ke dalam black hole lalu kita keluar lagi. Ingat, cahaya saja yang memiliki pergerakan yang sangat cepat pun tidak bisa keluar dari hispan black hole.

Area kalian masih bisa melihat cahaya disebut sebagai event horizon. Setelah kalian melewati area ini, itu berarti kalian sudah berada didalam black hole dan sudah tidak bisa keluar lagi.

Pada teori relativitas umum, event horizon merupakan perbatasan antara ruang dan waktu. Event horiozn merupakan suatu daerah yang terdapat disekitar lubang hitam. Peristiwa yang terjadi didalamnya tidak bisa mempengaruhi apapun kepada pengamat yang ada diluarnya.

5. Walaupun kita tidak berhasil keluar, ada beberapa kemungkinan yang bisa kalian alami ketika masuk ke dalam black hole

Related image

Event horizon tidak seperti dinding yang melayang di luar angkasa.
Event horizon merupakan sebuah peristiwa perspektif yang terjadi diluar angkasam yang terlihat jelas batasnya. Seorang pengamat yang berada diluar black hole tidak bisa mengamatinya.

Namun, jika dilihat dari sudut pandang kita sebagai korban yang terhisap masuk kedalam black hole, tidak ada yang namanya horizon tersebut.

Menyinggung soal perspektif, sebenarnya kemungkinannya hanya ada dua, yaitu kalian akan tetap hidup atau meninggal. Namun, tentunya ada sekali banyak cabang kisah tentang bagaimananya cara kamu meninggal atau apa yang akan kalian rasakan ketika masih hidup di dalam sana kan?


6. Jika kalian meninggal akibat terhisap ke dalam black hole, mungkin ada beberapa alternatif skenario penyebabnya

Related image

Jika kalian terhisap kedalam black hole yang ukurannya lebih kecil dari dimensi badan kalian, maka kalian akan harus menghadapi masalah besar. Kekuatan gravitasi yang ditimbulkan pun akan jauh lebih kuat dikaki kalian daripada di kepala kalian.

Efek dari gravitasi tersebut akan membuat kalian sangat meregang seperti sehelai spageti. Terlepas dari menyakitkan atau tidaknya, jangan berharap seakan tubuh kalian akan terlihat lucu memanjang seperti yang ada di film kartun.

Jika black hole yang menghisapmu memiliki ukuran yang sangat besar, maka kemungkinan besar kamu akan selamat dalam proses penghisapannya, kecuali kalian bertabrakan dengan benda-benda antariksa lainnya di tengah proses yang ikur tersedot kedalam lubang mematikan ini. Padaakhirnya kalian akan tetap meninggal didalam sana.

7. Jika kalian tetap hidup setelah terhisap kedalam black hole,kalian akan tetap meninggal

Related image

Kita kembali membahas tentang perspektif, diperspektif pengamat yang berada diluar black hole, kalian yang terhisap jelas akan dianggap telah meninggal. Kenapa?

Jika dilihat melalui sudut pandang mereka, kalian akan seperti terbakar sampai menjadi abu akibat aktivitas penghisapan black hole tersebut. Sebenarnya bisa jadi saja kalian selamat dan masuk kedalam black hole, ke dalam kondisi singularitas.

Setelah berada didalam black hole, kalian akan menemukan runag kosong yang luas tetapi kalian tidak bisa melakukan apa-apa.. Semua hening dan sepi. Hingga pada akhirnya, ketika tidak bisa keluar dari black hole tersebut, makak kamu pun akan meninggal dalam singularitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar