5 Fakta tentang NASA yang Harus Kamu Tahu, Awal Berdiri karena Ambisi - Prediksi Bola Terpercaya | Prediksi Togel Terpercaya | Berita Bola Terhangat

News

Selasa, 19 November 2019

5 Fakta tentang NASA yang Harus Kamu Tahu, Awal Berdiri karena Ambisi

Kalian semua pasti sudah tidak asing lagi kan dengan NASA? NASA atau National Aeronautics and Space Administration ini merupakan sebuah badan penerbangan dan juga antariksa yang bertugas untuk melakukan penelitian dan juga eksplorasi di luar angkasa, dan juga memberikan laporan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan bumi dan juga luar angkasa.

Badan antariksa tersebut merupakan salah satu badan antariksa terbaik dan juga bergengsi yang ada di dunia. Jadi, tidak mudah jika kalian ingin bekerja disana walaupun begitu itu juga bukan suatu hal yang mustahil.

Berikut merupakan lima fakta dari NASA yang perlu kamu ketahui

1.Sejarah berdirinya NASA

Image result for nasa office

NASA pertama kali didirikan pada 26 Juli 1958 tepatnya 61 tahun yang lalu. Pada awalnya, Uni Sovier meluncurkan satelit yang diberi nama Sputnik I pada 4 Oktober 1957 dan kemudian disusul oleh Sputnik II pada bulan selanjutnya. Peluncuran satelit tersebut pun sangat mengejutkan Amerika sebab Amerika mungkin akan was-was jika Uni Soviet mengirimkan rudal ke wilayah Amerika.

Dengan segala ambisi, Amerika Serikat pun tidak ingin menanggung malu di panggung dunia. Maka, pada 1958 terbentuklah sebuah kongres di Amerika Serikat yang bertujuan unutk membentuk sebuah badan khusus yang menangani kejadian-kejadian yang terjadi di luar angkasa. Badan ini lah yang akhirnya dinamakan NASA, yang saat ini merupakan badan antariksa terbaik di Amerika Serikat.

2. Misi NASA yang pertama kali

Image result for spacecraft nasa


Seperti yang telah ditulis oleh NASA, pada tahun 1959 NASA telah melakukan misi pertama mereka yang dinamakan Project Mercury atau Projek Merkurius. Misi ini dilakukan selama eberapa tahun dan akhirnya berhasil menerbangkan manusia keluar angkasa, yang pada saat itu sedang bersaing dengan Uni Soviet.

Setelah sukuses dengan Project Mercury, NASA pun kemblai menerbitkan misi baru yang diberi nama Gemini. Misi Gemini merupakan misi yang menjadi cikal bakakl dari misi Apollo yang sukses mendaratkan manusia kebulan untuk pertama kalinya.

3. Sukses mengirimkan manusia ke bulan

Related image



Setelah mengalami beberapa kali kegagalan, akhrinya pada 20 Juli 1969 NASA sukses mendaratkan manusia untuk pertama kalinya ke bulan melalui Apollo 11. Neil Armstrong merupakan astronaut pertama yang berhasil menginjakkan kaki di bulan, kemudian disusul 19 menit kemudian oleh Buzz Aldrin.

Seperti yang telah diberitakan oleh NASA, bahwa terdapat tiga orang yang berada dalam misi Apollo 11, namun hanya Neil Armstrond daj Buzz Aldrin saja yang menginjakkan kaki dibulan. Sedangkan Michael Collins ditugaskan untuk mengendarai pesawat utama untuk megelilingi bulan sambil menunggu kedua rekannya ada di permukaan bulan.

4. Kini NASA tengah fokus menjelahi planet Mars

Image result for nasa

Saat ini NASA sedang disibukkan dengan misi eksplorasi ke planet Mars. NASA berambisi untuk mengirimkan manusia pertama ke planet Mars, tentu saja ini sebuah ambisi yang sangat besar dan juga memiliki resiko yang besar, mengingat pendaratan ke planet Mars akan jauh lebih sulit daripada pendaratan ke bulan.

Saat ini NASA sudah beberapa kali mengirimkan peralatan canggih ke planet Mars, di antaranya merupakan robot pengintai. Robot ini memiliki berat 2 ton dan akan menjadi alat pengambil data yang akan sangat dibutuhkan para ilmuwan NASA.

5. Pernah mengalami beberapa kali kegagalan








Tak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan NASA. Dengan segala kesuksesan dan prestasinya, rupanya NASA pernah mengalami kegagaln yang besar dan bahkan menimbulkan korban jiwa.

Beberapa kecelakaan yang paling parah adalah kecelakaan Challenger , kebakaran misi Apollo 1 , kecelakana pesawat ulang alik Columbia dan juga beberapa kecelakaan lainnya yang menyebabkan kerugian yang paling besar. Diberitakan bahwa tragedi kecelakaan Challenger pada 1986 silam menewaskan setidaknya tujuh orang kru dan astornot NASA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar