5 Fakta dalam Sejarah Tenggelamnya Kapal Titanic, Gak Terduga Lho! - Prediksi Bola Terpercaya | Prediksi Togel Terpercaya | Berita Bola Terhangat

News

Sabtu, 30 November 2019

5 Fakta dalam Sejarah Tenggelamnya Kapal Titanic, Gak Terduga Lho!


Image result for titanic

Pada tanggal 15 April 1912, ada sebuah tragedi fatal yang terjadi dalam dunia pelayaran. Peristiwa tersebut merupakan tenggelamnya kapal pesiar mewah yang bernama Titanic. Tragedi fatal tersebut terjadi pada saat Titanic akan melakukan pelayaran perdana dari Inggris menuju ke New York, Amerika Serikat.

Musibah ini pun memakan korban sebanyak 1514 korban jiwa, kecelakaan ini juga dianggap sebagai kecelakaan pelayaran sipil yang paling parah sepanjang sejarah. Kapal pesiar yang paling mewah pada masanya ini dibuat di Irlandia. Namun dibalik itu semua, terdapat lima fakta mengenai tenggelamnya Titanic.

1. Bulan purnama juga memberikan efek terhadap tenggelamnya Titanic

Image result for bulan purnama

Terdapat sebuah penelitian jika karamnya kapal Titanic merupakan karena adanya efek dari bulan purnama penuh yang terjadi kala itu. Kita mengetahui jika kapal tersebut tenggelam karena menabrak gunung es dan menyebabkan badan kapal mengalami kerusakan yang sangat parah.

Namun, pada awal 1912 kondisi bulan dikatakan sejajar dengan matahari, dimana ini yang mengakibatkan sebuah tarikan medan gravitasi yang begitu kuat, terutama pada lautan lepas. Gelombang besar pun akan terjadi dilaut dan bongkahan es juga akan bergerak secara acak. Inilah mengapa teknologi dari kapal Titanic masih belum cukup diandalkan untuk memberikan peringatan terhadap kru kapal.

2. Para kru kapal meremehkan ganasnya alam

Image result for kru kapal titanic

Kecelakaan kapal pesiar Titanic tidak berdiri sendiri, namun ada kelalaian dari para kru kapal dan termasuk juga sang kapten, Edward Smith. Pada saat itu, kapten Smith tidak melihat adanya gunung es didepan dan dia juga tidak memperlambat kecepatan dari kapalnya.

Disamping itu, Titanic yang berlayar tanpa adanya akomodasi sekoci yang memadai juga telah mendapat izin dari dewam pelayaran Inggris kala itu. Jika saja Titanic tidak mengalami kecelakaan pada saat itu, maka hal ini mungkin tidak akan diketahui oleh publik.

3. Kejadian tenggelamnya Titanic sudah diramalkan pada 14 tahun yang lalu dalam sebuah novel

Image result for wreck of titan

Apakah kalian pernah memikirkan jika Titanic pernah ditulis dalam novel? Tepat 14 tahun sebelum kejadian tenggelamnya Titanic, Morgan Robertson, seorang novelis yang terkenal menerbitkan novelnya yang berjudul The Wreck of the Titan: Or Futulity.

Novel yang diterbitkan pada tahun 1898 ini pun secara mengejutkan berhasil meramal kejadian Titanic dengan akurat. Novel ini juga menceritakan tentang kapal pesiar mewah yang bernama Titan tersebut tenggelam di Atlantik Utara akibat menabrak gunung es. Mungkinkah suatu kebetulan?

4. Ada beberapa penumpang yang berhasil selamat dari kecelakaan maut tersebut setelah membatalkan keberangkatan

Image result for milton s hershey

Terdapat beberapa pengusaha terkenal yang berhasil selamat dari maut, diantaranya adalah Milton. S. Hershey, seorang pengusaha permen dan juga coklat yang berasal dari Amerika Serikat. Pada tahun 1911 lalu, Hershey padahal telah membeli tiket termasuk juga untuk keluarganya. Kala itu, Hershey sedang berlibur di Prancis dan rencananya mereka akan kembali ke New York dengan kapal Titanic.

Namun, pada akhirnya Hershey dan keluarganya akhirnya berubah pikiran untuk tidak menumpangi Titanic. Dia beserta keluarganya telah memutuskan berlayar menggunakan kapal penumpang Jerman dan akhirnya tiba di Amerika pada tangga 7 April 1912.

5. Pendapatan dari Titanic bisa digunakan untuk membangun kapal pesiar yang super mewah

Image result for titanic

Tahukan kalian jika film Titanic yang dirilis pada tahun 1997 lalu tersebut? Rupanya, film yang disutradari James Cameron ini berhasil mencatakan rekor pendapatan box office sebesar USD 2,18 miliar atau setara dengan 30 triliun rupiah.Uang sebanyak ini diperkirakan juga bisa digunakan untuk membangung sebuah kapal pesiar yang memiliki fasilitas yang super mewah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar