26-11-1922: Ziarah Pertama ke Makam Firaun dalam 3.000 Tahun Terakhir - Prediksi Bola Terpercaya | Prediksi Togel Terpercaya | Berita Bola Terhangat

News

Rabu, 27 November 2019

26-11-1922: Ziarah Pertama ke Makam Firaun dalam 3.000 Tahun Terakhir


Related image

Bagi sebagian orang mungkin jika melihat kuburan sebagai tempat yang jauh dari kata kegembiraan, namun itu tidak berlaku bagi arkeolog Howard Carter. Pria yang berasal dari Inggris tersebut kelhatan girang sebab ia telah berhasil memasuki makam firaun di Lembah Para Raja, Mesir pada 26 November 1922.

Wajar saja jika dia bahagia, sebab ia baru saja berhasil menemukan makam Firaun Tutankhamun. Howard dan juga kawannya, Lord Carnarvon merupakan peziarah pertama dimakam itu selama 3000 tahun terakhir.

Firaun Tutankhamun merupakan seorang raja muda yang pada saat itu berkuasa pada tahun 1342 sebelum masehi. Masa kekuasaannya tercatat sangat singkat dan juga tidak terlalu disosot oleh sejarawan. Namun, sang firaun muda pun kembali menjadi terkenal berkat penemuan makamnya.

Howard Carter langsung terpana ketika ia melihat beragam kemewahan yang ada di makam Firaun Tutankhamun. Faktanya jika makam ini tidak pernah ditemukan selama 3000 tahun juga berhasil memberikan hasil yang positif, sebab harta karun dari sang firaun muda sangat terlindungi dari para penjarah.

Penemuan tersebut pun langsung menjadi sorotan dari seluruh dunia. Harta karung yang paling bersejarah adalah topeng emas yang biasa di pakai oleh sang firaun. Kini,topeng tersebut pun telah dikenal sebagai Topeng Tutankhhamun yang kini berada di Museum Kairo.

Bagian wajah dan juga leher topeng Firaun tersebut terbuat dari lembaran emas, matanya terbuat aragonit, pupilnya dari obsidian sementara itu kelopak dan alis matanya tersebut terbuat dari lapis lazuli.

Dijelaskan secara rinci bahwa mumi tersebut dibalut untuk merepresentasikan Osiris, topeng tersebut pun menunjukkan sifat-sifat dewa, tetapi turut mirip dengan wajah dari Tut.ankh,Amen- tenang dan juga rupawan. Topengnya pun sedikit jauh ke belakang, sehingga tatapannya pun langsung menatap ke angkasa.

Patungnya Laku Terjual Seharga Rp 83,1 Miliar

Image result for makam firaun tutankhamun

Pada bulan Juli lalu, patung Firaun Tutankhamun pun laku terjual pada sebuah pelelangan yang dilangsungkan di London. Harganya pun ditaksir bisa mencapai 4,7 juta poundsterling atau  Rp 83,1 miliar.

Firaun yang dimaksud adalah Tutankhamun yang pernah berkuasa sekitar 1300 SM. Usianya yang juga masih muda membuat dia dikenal sebagai seorang raja muda.

Pelelangan yang dilakukan oleh Christie's dan juga identitas dari pembelinya juga tidak disebutkan ke publik. Patung yang dijual adalah bagian kepala dari sang firaun yang memiliki tinggi sekitar 28,5cm. Walaupun sudah berusia ribuan tahun, kondisi patung ini pun hanya memiliki kerusakan pada bagian telingan dan hidung saja.

Sementara, The Guardian menyorot pelelangan ini pun menjual berbagai macam barang Mesir Kuno yang memicu kontroversial. 20 orang melakukan demo di lokasi luar pelelangan, mereka menyebut bahwa artefak tersebut merupakan barang curian dan juga peninggalan sejarah Mesir yang seharusnya tidak dijual sama sekali.

Pejabat pemerintah dan juga kedutaan Mesir berharap supaya penjualan ini tidak terjadi lagi. Pihak dari pemerintah Mesir pun akan terus melakukan penekanan agar para pembeli mau membeli barang-barang yang dilelang dari Mesir Kuno tersebut.

Firaun Tutankhamun juga terkenal karena menjadi firaun ketika masih berusia sembilan tahun. Tutankhamun memiliki arti yakni Jelmaan Hidup dari Amun, yakni dewa matahari Mesir Kuno.

Raja Muda

Related image

Pihak dari Christie's pun menyebutkan bahwa Tutankhamun merupakan sosok firaun yang paling terkenal walaupun hanya berkuasa selam sembilan tahun. Firaun muda ini meninggal sebelum ulang tahunnya yang ke-20.

Menurut sumber yang ada, penyebab dari kematian Tutankhamun masih tidak diketahui jelas penyebabnya. Ada yang menyebutkan jika Tutankhamun terkena penyakit malaria hingga ia tertabrak kereta kencana. Tutankhamun berkuasa pada 1333-1323 sebelum masehi.

Ada banyak beragam barang yang ikut dikuburkan bersama sang firaun muda tersebut agar ia tetap merasa sejahtera di alam baka seperti jubah berkulit macan tutul, empat papan permainan, enam kereta kencana, tiga puluh guci anggur beserta 46 busur.

Carter pun menghabiskan waktunya selama satu dekade hanya untuk menyusun daftar barang yang akan dikubur bersamaan dengan firaun muda, yakni sekitar 5.398 barang. Bayangkan saja, banyaknya barang berharga yang ada didalam peristirahatan terakhir dari Tutankhamun membantu mempelajari soal Mesir Kuno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar