8 Mitos Dinosaurus Ini Ternyata Tidak Benar, Tak Sesuai Kisah Populer! - Prediksi Bola Terpercaya | Prediksi Togel Terpercaya | Berita Bola Terhangat

News

Selasa, 12 November 2019

8 Mitos Dinosaurus Ini Ternyata Tidak Benar, Tak Sesuai Kisah Populer!



Selama ini kita lebih banyak mengenal dinosaurus pada saat melihatnya dari film. Namun tidak semua yang diperlihatkan itu tidak belum tentu ada benarnya. Sampai saat ini pun, masih ada miskonsepsi yang beredar mengenai reptil purba tersebut.

Ini dikarenakan dinosaurus hidup pada ratusan juta tahun sebelum adanya manusia. Jadi, fakta yang beredar mengenai mereka banyak yang termodifikasi karena adanya asumsi yang berbeda-beda.

Inilah beberapa mitos tentang dinosaurus yang sering dikira benar oleh para manusia:

1. Dinosaurus mengaum seperti binatang buas

Related image

Ilmuwan dari University of Texas telah meneliti apakah benar dinosaurus bisa mengeluarkan suara. Pada tahun 2013, mereka menemukan syrinx(organ suara) yang ada di fosil burung purba zaman Cretaceous (sekitar 145 juta tahun lalu). Namun mereka tidak pernah menemukan adanya kotak suara.

Akhirnya para ilmuwan tersebut akhirnya berhasil menyimpulkan bahwa banyak dinosaurus tidak memiliki organ suara. Namun pada kenyataanya mereka bsia bersuara mirip buaya, tidak mengaum dengan keras.

2.Dinosaurus berdarah dingin

Related image

Selama bertahun-tahun, ilmuwan mempercayai bahwa dinosaurus berdarah dingin seperti reptil pada umumnya. Namun seorang ilmuwan yang berasal dari Australia menyatakan bahwa jika para dinosaurus tersebut berdarah dingin, mereka tidak akan memiliki kemampuan otot untuk memangsa binatang yang lain. Beberapa bukti juga mengatakan bahwa dinosaurus adalah bintang yang cepat, sehingga kemungkinan mereka berdarah panas.

3. Mereka tinggal di lingkungan tropis yang panas

Related image

Disetiap lukisan yang ada di museum menggambarkan bahwa dinosaurus berada di lingkungan yang panas dan juga gersang. Walaupun tidak sepenuhnya salah, dinosaurus juga bisa hidup di lingkungan  yang dingin dan juga bersalju.

4. Semua reptil purba adalah dinosaurus

Related image

Banyak orang yang mengira bahwa semua reptil yang sudah punah adalah dinosaurus, nayatanya ini semua tidak benar. Dinosaurus hanyalah keturunan dari archosaurus. Reptil seperti pterosaurus yang bisa terbang dan plesiosaurus yang bisa berenang tidak termasuk dalam keturunan dinosaurus.

5.Dinosaurus adalah reptil pertama dibumi

Related image

Reptil pertama yang berevolusi dari nenek moyangnya, yang juga merupakan hewan amfibi sekitar 300 juta tahun yang lalu. Mereka bernama hylonomus. Sedangkan dinosaurus yang pertama baru muncul pada sekitar 230 juta tahun yang lalu.

6. Tabrakan asteroid langsung yang membunuh semua dinosaurus yang ada

Related image

Sebagian besar ilmuwan mempercayai bahwa asteroid yang menabrak bumi telah memusnahkan semua dinosaurus yang ada. Namun proses ini tidak berlangsung dengan cepat. Pada kenyataannya, semua dinosaurus musnah setelah beberapa ribu tahun.

7.Dinosaurus meneror mamalia purba

Image result for dinosaurus

Mamalia yang hidup di era dinosaurusnnya jumlahnya sangat kecil. Banyak yang mengira bahwa  mereka bersembunyi untuk menghindari keberadaan reptil-reptil.

Nyatanya, ada juga mamalia yang memakan dinosaurus juga. Mamalia tersebut adalah repenomamus, mamalia yang terlihat seperti rakun. Mereka suka memakan bayi-bayi dinosaurus.

8. Keluarga dinosaurus yang masih hidup hingga saat ini

Related image

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa burung berevolusi dari dinosaurus. Ini karena burung-burung purba tersebut masuk dalam keturunan archosaurus yang berhasil menyelamatkan diri saat terjadi serangan asteroid. Burung unta, ayam, penguin dan elang adalah burung yang disebut memiliki kedekatan dengan dinosaurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar